PRITA MULYASARI DAN KEBEBASAN BERPENDAPAT

|




Rumah Sakit Omni Internasional vs Prita Mulyasari, still continuing….. beragam tanggapan dari masyarakat muncul karena kasus ini, dan sebagian besar dari mereka mempunyai pandangan dan pendapat yang sama. Prita, menurut pandangan sebagian besar masyarakat –kalau tidak bisa dikatakan seluruhnya-, ditempatkan sebagai pihak yang ‘terdzolimi’. Dan mungkin begitu pula pandangan dari anda.

Terlepas dari berbagai macam pendapat, tentu saja harus kita sadari bahwa standar penentuan salah benarnya sesuatu bukanlah sedikit banyaknya suara atau orang yang mendukung, dan tidak pula ditentukan dengan perasaan kita, karena masing-masing orang mempunyai perbedaan karakter, termasuk sensitivitas perasaan. Namun hukumlah –terlepas dari berbagai macam jenis hukum- yang menentukan benar salahnya, dengan mengamati dan mendalami fakta kasus secara mendalam terlebih dahulu.

untuk kasus prita dengan rumah sakit omni ini, masing-masing tentu mempunyai pendapat dan pandangannya sendiri-sendiri yang tentu saja berlainan dan bahkan mungkin bertentangan. Dalam tinjauan saya, melalui sudut pandang prita, makat tentu saja tendensi penilaian ‘lebih benar’ jatuh kepada prita. Salah satu alas an yang memperkuat adalah masalah kebebasan berpendapat masyarakat, dan hal ini dijamin oleh Negara.

Apapun itu, entah siapa yang lebih benar dan tidak lebih benar, kasus prita ini telah memberikan pengaruh ketakutan kepada masyarakat untuk memberikan dan menyatakan pendapatnya,dalam bingkai kebebasan berpendapat tentang apapun.

2 komentar:

anggaarie said...

betull...btw, sekarang kasusnya dah selesai belum seh? jarang liat tv soalnya

arqu3fiq said...

Salut buat Prita, dukung prita. Tetap semangat prita.

Post a Comment

thanks for visiting my blog, just please give me comment to my articles.

 

©2009 My Perspective | Template Blue by TNB