Bercak Darah David di Temukan di Kantor Profesor Chan

|

By Republika Newsroom
Kamis, 28 Mei 2009 pukul 05:15:00

SINGAPURA -- Peneliti dari Forensic Chemistry and Physics Laboratory of The Health Sciences Authority menemukan semua bercak darah yang ditemukan di ruangan kantor Profesor Chan adalah milik David, termasuk darah yang ditemukan pada dinding di atas monitor.

“Bercak darah pada dinding menunjukkan gerakan lengan dari suatu tempat di atas monitor komputer dimana darah berasal dari luka atau dari sebuah benda yang berlumuran darah,” ungkap Lim Chin Chin, Peneliti dari Forensic Chemistry and Physics Laboratory of The Health Sciences Authority, Rabu (27/5).

Pada sidang koroner kasus David kelima, Selasa (26/5) Lim mengatakan penemuannya berdasrkan 120 foto yang dibuat polisi Singapura, kunjungan ke kampus dan berdasarkan keterangan yang didapatkan dari polisi.

Sementara itu, Dr Christopher Syn, pakar forensik senior Singapura yang menemani Lim saat melaksanakan penelitian DNA tentang darah yang ditemukan di lokasi kejadian mengatakan hanya darah David yang ditemukan di pegangan pisau.

Sedangkan pada mata pisau yang patah saat terjadi perebutan pisau terdapat campuran darah David dan Prof Chan. “Darah Prof Chan hanya ditemukan di lantai dekat meja komputer sedangkan bercak darah yang ditemukan pada beberapa dokumen dekat pintu kantor juga darah David,” ujar Lim.

Darah juga ditemukan di luar ruangan di dua arah yang berbeda. Yang satu diduga berasal dari Prof Chan sedangkan yang lainnya merupakan milik David. Diduga, kaki David berlumuran darah akibat tusukan pada pergelangan tangan kanan meskipun tidak meninggalkan jejak kaki.

Christovita Wiloto, Managing Partner Power PP yang memimpin advokasi bagi keluarga David menjelaskan “ Dengan bukti DNA darah yang nyaris berasal dari David serta 36 luka David yang jauh lebih banyak dari luka Prof Chan yang hanya empat luka serta posisi mata pisau terakhir berada di genggaman Prof Chan, Coroner Court seharusnya dapat menyimpulkan kasus kematian David harus diselidiki lebih lanjut.

“Kita masih menunggu apakah keadilan akan diputuskan bagi David oleh Coroner Court,” lanjut Christov. Persidangan mengenai kasus David masih akan dilanjutkan beberapa hari lagi, dan baru dimulai pada 17 Juni. - c85/ahi

 

©2009 My Perspective | Template Blue by TNB