TUNISIA DAN TURKI HAPUS POLIGAMI, DAN SAYA TIDAK SETUJU........

|

Kompas, 23 April 09, memberitakan bahwa tunisia dan turki resmi hapus poligami. sebagaimana kita tahu bahwa kedua negara tersebut adalah negara islam yang sekuler. turki walaupun mempunyai penduduk lebih dari 90 % muslim tapi sudah mendeklarasikan dirinya sebagai negara sekuler, yang memisahkan agama dari masalah keduniawian, termasuk masalah kenegaraan. jadi kedua-duanya benar-benar terpisah, agama hanya berlaku pada diri pribadi saja tidak berlaku pada ranah kenegaraan dan publik.

nah, ketidaketujuan saya terhadap keputusan ini terletak pada ketidakkonsistenan mereka pada keputusannya untuk menjadi sekuler. menurut saya ketika mereka sudah menentukan bahwa mereka adalah negara sekuler maka urusan agama tidak bisa di-publikan, dan juga sebaliknya. kalau tidak demikian maka apalah arti konsistensi, apalah arti deklarasi sekurarisme di negaranya, karena semuanya ternyata masih kabur.

sekuler ya total sekulernya, jangan setengah-setengah gitu. namun sejujurnya saya sama sekali tidak sepakat dengan konsep sekularisme sepenuhnya....

 

©2009 My Perspective | Template Blue by TNB